Kamis, 24 Oktober 2013

Baju Pengantin


Baju adalah pakaian penutup badan bagian atas dan pengantin adalah orang yang sedang melangsungkan perkawinannya. Komponen yang satu ini adalah komponen baju yang dapat dipergunakan untuk menutupi anggota tubuh serta menghias pengantin. Komponen baju sangat bergantung kepada upacara adat yang telah dipilih oleh kedua mempelai.

Apabila mempelai menggunakan upacara adat Palembang maka mempelai wanita dan pria menggunakan baju gaya Aesan Gede. Dahulu, busana tersebut merupakan busana kebesaran raja Sriwijaya. Keindahan gaya busana Aesan Gede mencitrakan keanggunan sosok bangsawan. Bberwarna pink (merah jambu) berpadu dengan kain songket, teratai dan selendang menampilkan keanggunan dan keindahan.

Tapi tidak semua pakaian tergantung kepada upacara adat. Pasangan pengantin boleh memilih baju pengantinnya yang tidak sesuai dengan upacara adat yang telah mereka pilih. Baju pengantin menambah keindahan momen pernikahan. Tak heran jika gaun pengantin mengalami perkembangan ide tiap tahunnya. Momen pernikahan akan selalu dikenang dua sejoli yang mengikat janji suci. Baju pengantin indah nan memukau merupakan salah satu elemen pernikahan yang tak hanya menampilkan keindahan, tapi juga gengsi sang pengantin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar